Sabtu, 27 Mei 2017

Laporan Kegiatan Pengajaran di TK Risanti 1, Pertemuan Ketiga

LAPORAN PEMBELAJARAN
Minggu ketiga : Senin, 03 April 2017

Kegiatan Pembelajaran di TK Risanti 1 dalam
Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila

Dosen : Siti Nadroh, M.Ag
Kelas : LC53
Waktu : Senin, 03 April 2017
Pukul : 07.30-11.00 WIB

Lokasi : TK Risanti 1, Jakarta Barat


Apel pagi sebelum memasuki ruang kelas

Ini merupakan minggu ketiga pertemuan kami di TK Risanti 1. Seperti biasa sebelum melakukan proses belajar-mengajar, para adik-adik terlebih dahulu di instruksikan untuk berbaris di depan kelas sebelum memasuki kelas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan melakukan kegiatan baris berbaris ini, adik-adik diajarkan untuk disiplin terhadap aturan yang telah di tetapkan, juga sebagai pembentukan karakter yaitu berperilaku sopan santun terhadap guru maupun sesama teman. Dengan adanya aktivitas ini, maka nilai-nilai Pancasila yang dijadikan sebagai dasar pembentukan karakter dapat diterapkan oleh adik-adik.

Teori yang kelompok kami ajarkan pada pertemuan ketiga yaitu mewarnai. Sebelum kami memulai proses belajar-mengajar, kami melakukan baca doa bersama-sama sekiranya agar aktivitas belajar-mengajar yang kita lakukan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar.

Persiapan yang kami lakukan untuk pertemuan ini, kami telah melakukan konfirmasi pada akhir pengajaran pertemuan kedua dengan guru disana dan kesepakatan dengan materi pembelajaran ini. Dengan tema “Buah”. Dalam materi kali sangat menarik minat dan terlihat antusias adik-adik disana untuk belajar mewarnai. Mereka cukup aktif bertanya dan tidak sungkan untuk meminta bantuan kepada kami. Pengajaran kami pun berjalan dengan lancar. Di akhir pembelajaran, kami juga selalu menyiapkan hadiah berupa permen untuk adik-adik yang telah mewarnai buah dengan cara yang rapi dan indah sebagai bentuk apresiasi.

Kami masih menggunakan sistem mentoring dan mengkombinasikan sedikit cara pengajaran kelas, dimana salah satu anggota tim kami memberikan intruksi terlebih dahulu, dan adik-adik disana mengikuti dan dibantu anggota tim yang lain. Metode ini kami kombinasikan untuk merangsang perhatian adik-adik disana terhadap sejauh mana mereka mau memberikan perhatian mereka terhadap penjelasan dan keberadaan kami selama 3 kali pertemuan. Alhasil mereka sudah terbiasa dan mau berinteraksi dengan kami dan di tuntukan oleh antusianisme mereka dan juga kemauan mereka bertanya.

Kegiatan pengajaran kami kali ini, sangat mengapresiasi kami, akan pengaplikasian nilai-nilai Pancasila akan tanggung jawab, disiplin, toleransi, dan rasa peduli. Kami berupaya bertanggung jawab, dan menjalankan tugas kami dengan sebaik-baiknya. Dimana kami berupaya menciptakan materi pembelajaran yang merangsang hubungan dan interaksi kami dengan adik-adik disana.


suasana apel pagi



edisi salah kasih warna,
 jadi serius mukanya, haha



pemberian hadiah kepada adik 
yang gambarnya rapih dan bagus


pemberian hadiah kepada adik 
yang gambarnya rapih dan bagus


pemberian hadiah kepada adik 
yang gambarnya rapih dan bagus


pemberian hadiah kepada adik 
yang gambarnya rapih dan bagus


pemberian hadiah kepada adik 
yang gambarnya rapih dan bagus



pemberian hadiah kepada adik 
yang gambarnya rapih dan bagus



pemberian hadiah kepada adik 
yang gambarnya rapih dan bagus



foto bersama setelah pembagian hadiah selesai





Tidak ada komentar:

Posting Komentar