LAPORAN PEMBELAJARAN
Minggu keempat : Jum’at, 07 April 2017
Kegiatan Pembelajaran
di TK Risanti 1 dalam
Penerapan Mata Kuliah
Character Building Pancasila
Dosen : Siti Nadroh, M.Ag
Kelas : LC53
Waktu : Jum’at, 07 April 2017
Pukul : 07.30-11.00 WIB
Lokasi : TK Risanti 1, Jakarta Barat
foto setelah pembagian hadiah selesai
Hari ini adalah pertemuan terakhir kami dengan adik-adik di
TK Risanti 1. Hari ini materi mengajar kami masih mewarnai dan menghitung. Tapi
dalam hal mewarnai, tema nya yaitu “Hewan” dan hitungan yang diberikan adalah
hitungan dalam penjumlahan bilangan dari satuan sampai puluhan. Tapi materi
yang diberikan pertama adalah menghitung. Pada saat menghitung, kami member
instruksi kepada adik-adik bagaimana cara penjumlahan bilangan satuan-puluhan.
Kami datang ke tiap-tiap kelompok mengajari dan membimbing mereka.
Dalam hal menghitung, adik-adik di kelas yang kami ajar
tidak mengalami kesulitan dikarenakan mereka begitu cepat dan aktif pada saat
kami memberi instruksi. Mungin hanya ada satu atau dua anak yang mengalami
kesulitan dalam materi menghitung.
Dalam hal mewarnai, kami juga masih memberi instruksi kepada
adik-adik. Kami awalnya melakukan pertanyaan bahwa hewan yang akan di warnai
memiliki bulu warna apa, pohon warna apa, dan sebagainya. Setelah mereka paham,
kami juga tetap membimbing mereka. Karena ada juga beberapa anak yang mewarnai
sesuai dengan keinginannya tanpa mengikuti instruksi. Pada saat mewarnai,
mereka saling berbagi pensil warna dengan teman-temannya.
Dari kegiatan ini kami belajar untuk menerapkan pendidikan
karakter sesuai pedoman Pancasila. Kami belajar untuk bekerja sama, saling
membantu dan berbagi, disiplin, bertanggung jawab, toleransi, serta
musyawarah-mufakat bila ada kesulitan yang kami hadapi. Hingga akhirnya pada
pertemuan kami yang terakhir ini, kami menyadari pentingnya penanaman
nilai-nilai karakter dalam diri seseorang, sehingga kami merasakan manfaat dari
kegiatan ini.
Kesimpulan dari hasil kegiatan kami, pada awalnya semua terlihat
berat untuk dilaksanakan, namun adanya kerjasama yang baik, semuanya dapat
teratasi dengan baik dan lancar. Melalui kegiatan ini juga, kami dapat
memperoleh banyak manfaat dari penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai anak,
pelajar, dan warga negara yang baik, walaupun masih banyak kekurangan dari
kami, namun adanya pihak-pihak penyelenggara, dan juga pihak-pihak yang turut
berperan aktif, kami dapat terus melaksanakannya dan mengusahakan yang terbaik.
Kami telah berupaya sebaiknya dalam memperbaiki segala
kinerja kerja kami, hingga pada akhir pertemuan ini, kerjasama tim juga dapat
berkoordinasi dengan baik, dan juga kerjasama dengan pihak sekolah juga
berjalan dengan baik. sehingga perbaikan yang perlu kami lakukan, hanya tetap
mempertahankan segalanya dengan baik, dan terus mengembangkannya agar lebih
baik lagi.
saat pelajaran mewarnai pemandangan
saat pelajaran mewarnai pemandangan
saat pelajaran mewarnai pemandangan
membimbing adik-adik dalam
mewarnai pemandangan
membimbing adik-adik dalam
mewarnai pemandangan
menemani adik-adik saat jam istirahat
menemani adik-adik saat jam istirahat
menemani adik-adik saat jam istirahat
menemani adik-adik saat jam istirahat
menemani adik-adik saat jam istirahat
menemani adik-adik saat jam istirahat
menemani adik-adik saat jam istirahat
menemani adik-adik cuci tangan
saat jam makan siang
memberikan hadiah kepada adik-adik
yang hasil mewarnainya paling rapih
dan bagus sebelum pulang
memberikan hadiah kepada adik-adik
yang hasil mewarnainya paling rapih
dan bagus sebelum pulang
memberikan hadiah kepada adik-adik
yang hasil mewarnainya paling rapih
dan bagus sebelum pulang
memberikan hadiah kepada adik-adik
yang hasil mewarnainya paling rapih
dan bagus sebelum pulang









Tidak ada komentar:
Posting Komentar